10 plugin wajib wordpress

    Plugin Wajib WordPress

      WordPress bukan hanya dipakai untuk blogging, namun juga bisa dipakai untuk CMS seperti website yang sedang anda baca sekarang. Namun, Instalasi standar wordpress di Webhosting akan membuat website anda terlihat biasa saja  dan tidak memberikan manfaat tambahan dibanding blog yang ada di wordpress.com.
        Agar website yang anda bangun menggunakan WordPress menjadi lebih powerfull anda perlu plugin yang sesuai kebutuhan anda. Saat ini di wordpress.org ada lebih dari 1000 plugin free yang bisa anda pakai. Sayangya tidak semua plugin berkualitas.  Oleh karenanya berikut ini akan saya berikan 10 plugin wajib yang bisa anda pakai untuk menjadikan website anda terlihat lebih profesional dan memberikan kenyamanan bagi user.

          WordPress JetPack

            Jetpack adalah plugin resmi dari WordPress. Salah satu fitur utama di jetpack adalah WordPress statistik. Jetpack juga menyediakan fitur lain termasuk Social Comment, Sharing button, Contact Form dan masih banyak lagi. Saya sendiri memanfaatkan jetpack untuk melihat statistik user, menambahkan tombol share ke social media plus membuat custom contact form.

              Akismet 

                Akismet adalah plugin yang akan menyaring spam. Jika anda tidak memakai akismet, biasanya website anda dipenuhi oleh komentar spam, namun dengan akismet. Komentar spam akan disaring . Saran tambahan, selalu moderasi komentar yang masuk. Sejauh ini, akismet adalah plugin penyaring komentar spam terbaik di wordpress.

                  Facebook plugin

                    Ada puluhan facebook plugin yang tersedia di wordpress, namun saya menyarankan anda menggunakan  plugin resmi dari Facebook. Plugin ini menyediakan Facebook Like, Facebook subscribe, Facebook comment dan fitur yang ditunggu tunggu oleh para pemilik Facebook page adalah “Automatic posting to Facebook fanpage” alias Social Publisher . Fitur yang saya pake adalah Facebook Comment, Facebook Like, widget likebox dan Facebook Social Publisher sehingga saya tidak perlu report report copy paste link untuk di share ke Fanpage  di Facebook.

                      WPtouch

                        Era sekarang adalah era mobile, tentunya website anda juga harus mengikuti perkembangan kan? Karena banyaknya pengguna mobile dengan berbagai jenis smartphone, tentunya tidak bijak kalau website wordpress yang biasa ditampilkandi browser desktop, anda paksakan tampil sama persis dengan ditampilkan di Blackberry atau android smartphone. Gunakan wptouch yang akan mengubah secara Automagic menjadi Mobile site ketika diakses lewat tablet atau smartphone. Berikut ini adalah contoh tampilan WordPress yang ditampilkan lewat smartphone.

                          Print Friendly and PDF

                            Tambahkan plugin ini agar pengunjung bisa langsung mencetak atau mengkonversi artikel di website anda menjadi PDF. Jika anda perhatikan pojok kanan atas artkel ini, akan tampak icon Printer dan PDF bukan? Nah itu adalah Plugin Print Friendly and PDF. Berikan kenyamanan kepada user sehingga mereka akan kembali mengunjungi website anda.

                              SyntaxHighlighter Evolved

                                website candra.web.id berisi tutorial jaringan, pemrograman dan android, itulah mengapa banyak source code yang harus ditampilkan di web. Gunakan plugin ini agar tampilan Code menjadi lebih cantik dengan tambahan warna code, line number dan toolbar copy paste yang memudahkan user mengikuti tutorial. Jika anda membaca tutorial PHP di website ini, maka code program di format menggunakan plugin ini.

                                  WP Biographia

                                    Banyak website dan blog berisi artikel menarik sehingga pengunjungnya betah di website tersebut, sayangnya kebanyakan pengunjung tidak tahu siapa penulisnya. Nah gunakan plugin ini untuk menampilkan biodata penulis dibawah artikel. Anda bisa melihat contohnya dibawah artikel ini. Plugin ini sangat bermanfaat untuk personal branding, apalagi diwebsite yang memiliki banyak penulis.

                                      Navigation Du Lapin Blanc

                                        Sebagus bagusnya website yang dibuat dengan wordpress, masih akan tampak ciri khas wordpressnya diantaranya tag cloud, calendar dan recent comment widget. Gunakan plugin ini untuk membuat navigasi bertingkat sehingga tampilan wordpress anda tampak lebih profesional dan memudahkan user menjelajah Isi website.

                                          FancyBox for WordPress

                                            Plugin fancybox ini sangat cocok jika website anda berisi banyak gambar semisal gallery photo. Namun walaupun website anda hanya berisi satu atau dua gambar, Fancybox sangat saya sarankan tetap dipasang. Ingin lihat efek dari plugin ini, silahkan klik gambar smarphone di artikel ini dan Zoom! anda akan mendapatkan tampilan fullscreen dari Gambar tersebut.

                                              SEO Auto Links & Related Posts

                                                SEO adalah hal yang harus diperhatikan oleh para pembuat website agar content anda bisa muncul di halaman pertama pencarian di Google atau Bing. Plugin ini secara otomatis akan memberikan rekomendasi artikel yang masih berhubungan dengan artikel yang sedang anda baca saat ini.  Anda bisa melihat contohnya dibawah artikel ini. Anda secara otomatis akan disajikan 4 artikel yang masih berhubungan dengan artikel ini. 

                                                Share on Google Plus

                                                About Unknown

                                                This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
                                                  Blogger Comment

                                                0 comments:

                                                Post a Comment