10 Macam Tanaman Perkebunan Yang Menjanjikan

10 Macam Tanaman Perkebunan Yang Menjanjikan

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang 10 Macam Tanaman Perkebunan Yang Menjanjikan, dimana ada banyak aneka jenis tanaman yang bernilai tinggi, yang bisa memjamin kebutuhan hidup kita, nah lau tanaman aapa saja sih yang termasuk kedalam jenis tanaman perkebunan itu,,? disini kita akan kasih tahu buat anda.

10 Macam Tanaman Perkebunan

1. Kelapa sawit
kelapa sawit
Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penghasil minyak, sepeerti minyak untuk masak, minyak untuk industri, maupun untuk bahan bakar biodiesel,  Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Dan penyebarannya meliputi daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.
Habitat asli kelapa sawit adalah daerah semak belukar. Sawit dapat tumbuh sempurna di ketinggian 0-500 m dari permukaan laut dengan kelembaban 80-90%. Sawit membutuhkan daerah yang tidak tergenang air saat hujan dan tidak kekeringan saat kemarau. Pola curah hujan tahunan memengaruhi perilaku pembungaan dan produksi buah sawit.
2. Tanaman Karet
tanaman karet
Tanaman karet adalah tanaman perkebunan tahunan, Tanaman karet pertama di Indonesia ditanam di Kebun Raya Bogor. Indonesia pernah menguasai produksi karet dunia, namun saat ini posisi Indonesia didesak oleh dua negara tetangga Malaysia dan Thailand, jutaan ton karet per tahun masih di butuhkan sebagai bahan penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer.
3. Tembakau
tembakau
Tembakau adalah produk pertanian semusim, Produk ini dikonsumsi bukan untuk makanan tetapi sebagai pengisi waktu luang atau “hiburan”, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu. Tembakau juga dapat dikunyah, Kandungan metabolit sekunder yang kaya juga membuatnya bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat.
4. Tebu
Sejarah dan Penjelasan Tentang Tanaman Tebu
Asal mula tanaman tebu sampai saat ini belum dapat kepastian, dari mana asal mula tanaman ini. Namun sebagian besar para ahli, bahwa tanaman tebu ini berasal dari Papua New Guinea. Pada 8000 SM, dan tanaman ini sampai ke Indonesia pada 6000 SM katanya.
5. Kelapa
kelapa
Kelapa secara alami tumbuh di pantai, dan tinggi pohonnya bisa mencapai 30 m. Kelapa ini berasal dari pesisirSamudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah dunia. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1.000 m dari permukaan laut
6. Kapas
kapas
Sekarang ini kapas diproduksi di dunia,seperti: Eropa, Asia, Afrika, Amerika, dan Australia, diamana kapas di gunakan Sebagai tambahan dari industri tekstil, kapas juga digunakan untuk bahan jaring ikan, saringan kopi, tenda, dan pembatas buku. Uang China pertama terbuat dari fiber kapas, dan juga uang dollar AS modern.selain itu kaps juga di gunakan  sebagai denim, sebuah jenis pakaian ‘durable’, sebagian besar terbuat dari kapas.
7. kopi
kopi
Kata kopi berasal dari bahasa Arab, yaitu qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki, dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasaBelanda, Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
8 Kayu manis
kayumanis
kayu manis menyukai iklim yang basah dan banyak hujan, Pohon kayu manis dapat tumbuh sampai 2000 meter diatas permukaan laut, akan tetapi dapat tumbuh baik pada ketinggian 500 sampai 1500 meter dipermukaan laut. Tanah yang disukai  kayu manis adalah tanah yang berpasir yang mudah melepaskan air, dan banyak mengandung zat hara dan humus.
9. Sagu
sagu
Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Maluk, dan Papua, yang tinggal di pesisir. Sagu dimakan dalam bentuk papeda, yaitu semacam bubur, atau dalam bentuk-bentuk yang lain.
10. Pala
palla
Pala merupakan tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda, dan Maluku, Biji pala mengandung minyak atsiri 7-14%, dan bubuk pala dipakai sebagai penyedap pada bebbagai jenis makanan, seperti untuk roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar. Dan Minyaknya juga dipakai sebagai campuran parfum atau sabun.
Itulah 10 Macam Tanaman Perkebunan Yang Menjanjikan untuk mendapatkan nilai lebih atau aset untuk kelangsungan hidup kita, semoga dengan artikel ini bisa menjadikan inspirasi untuk anda dalam mengolah kekosongan kebun anda.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment