cara menanam sawi hidroponik



Cara menanam sawi secara hidroponik bisa dilakukan dengan beberapa sistem hidroponik dasar yang ada. Jenis sayuran sawi sawian seperti green pakcoy, white pakcoy, pagoda Dan jenis sayuran daun sawi lainnya umumnya bisa ditanam dengan teknik hidroponik.

Sistem hidroponik APA yang sebaiknya digunakan? Nah kalo pertanyaan INI tentu saja and a sendiri yang bisa menentukan, untuk sistem dasar hidroponik and a bisa baca di www.Hidroponikuntuksemua.com, setelah and a tahu, anda menentukan mau menggunakan sistem APA, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat Dan bahan untuk menanam sawi hidroponik.

Secara umum yang perlu disiapkan adalah: sistem Dan kit hidroponiknya, Benih, media tanam, air, nutrisi hidroponik, tray semai, pinset, sprayer. Jika anda sudah menyiapkan semua peralatan tadi langkah selanj tnya adalah memulai semai.

Untuk sistem hidroponik anda bisa menggunakan sistem wick, nft, dft maupun rakit apung atau sistem hidroponik yang ingin anda gunakan. Untuk pemula / awal biasanya menggunakan sistem wick atau nft. Sistem karena lebih mudah Dan juga murah dalam pembuatan sistemnya sedangkan nft memerlukan biaya yang lebih banyak biasanya untuk membuat kit nya.

Untuk membuat kit seperti diatas anda perlu menyiapkan, bak / ember untuk menampung nutrisi, kain flanel untuk sumbu, netpot, rockwool sebagai media tanam, stereoform untuk menyangga netpot dan tanaman. Buat dan rangkai seperti gambar diatas.

Langkah untuk menanam sawi secara hidroponik yaitu:

siapkan alat dan bahan seperti yang telah kami sebutkan diatas, ambil tray semai, potong rockwool. potongan rockwool tarus di tray semai. taruh 1-2 benih sawi ke rockwool, namun sebelum benih ditaruh ke rockwool basahi dulu rockwool dengan air sampai basah. Setelah semua benih ditaruh pada rockwool di tray semai tutup tray semai dengan plastik hitam, atau taruh ditempat gelap. Cek secara berkala biasanya semaian akan mulai tumbuh 1-2 x 24 jam.

Setelah semaian sprout kenal kan dengan sinar matahari, spray pagi sore agar rockwool tidak kekeringan. Setelah sawi berdaun 2-4 atau bekisar 2 minggu semaian sawi bisa anda pindahkan ke sistem hidroponik. rawat dengan baik cek kondisi nutrisi sesuaikan ph dan juga kepekatan nutrisi hidroponik dalam larutan hidroponik.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment